Bagaimana perasaan Anda jika tiba-tiba Anda mendapatkan informasi bahwa Anda memenangkan sebuah Giveaway? Tentunya senang bukan. Saat ini, Giveaway sudah menjadi trend yang sering dilakukan di media sosial. Hadiah yang diberikan juga sangat beragam tergantung dari pihak yang mengadakan Giveaway tersebut. 

Lantas apa sebenarnya Giveaway itu? Kenapa harus mengadakan Giveaway? Dan apa manfaat dari hal tersebut? Yuk, pelajari lebih lanjut ya.

Apa Itu Giveaway?

Giveaway adalah kegiatan yang dilakukan untuk membagikan hadiah kepada konsumen dengan syarat tertentu. Syarat yang ditetapkan dapat bermacam-macam sesuai dengan keinginan dari penyelenggara giveaway. 

Saat ini giveaway banyak dilakukan di sosial media, syarat yang diminta biasanya berupa follow akun, like, dan spam comment, tag teman pada akun yang menyelenggarakan giveaway tersebut, dan masih banyak lagi diantaranya. Dari syarat yang dibuat, tentunya brand akan mendapat keuntungan seperti meningkatkan brand awareness pada konsumen dan menambah jumlah followers pada akun Anda. 

Saat ini banyak yang menjadikan Giveaway sebagai salah satu sarana promosi. Hadiah yang diberikan juga beragam. Banyak penyelenggara giveaway yang memberikan hadiah berupa brand itu sendiri. Hal itu pastinya akan menguntungkan untuk penyelenggara karena konsumen akan lebih mengenai brand dan produk tersebut.

Cari Tau Yuk: Apa Itu Creative Agency Beserta manfaatnya?

Tips Membuat Giveaway yang Efektif

Freepik

Berikut tips yang dapat dilakukan untuk membuat Giveaway yang efektif:

1. Menentukan Tujuan yang Ingin Dicapai

Sebelum mengadakan giveaway tentukan dulu tujuan yang ingin kamu capai. Tujuan ini bisa beragam, misalnya untuk meningkatkan brand awareness, mendapatkan traffic yang tinggi, menambah jumlah followers dan konsumen, meningkatkan angka penjualan produk, dan masih banyak sebagainya. Anda juga harus memikirkan bentuk giveaway apa yang akan menarik banyak perhatian target pasar.

2. Tentukan Syarat dan Ketentuan Untuk Giveaway

Ketika Anda sudah menentukan tujuan giveaway, selanjutnya Anda dapat membuat persyaratan dan ketentuan yang berkaitan dengan tujuan yang Anda inginkan. Buatlah persyaratan yang detail dan jelas agar giveaway yang Anda selenggarakan sesuai dengan harapan dan sukses. 

Contohnya, jika tujuan dari giveaway Anda adalah meningkatkan brand awareness maka pastikan salah satu syaratnya peserta dapat menyebutkan nama produk yang Anda miliki. Adapun peraturan yang biasa dilakukan ketika menyelenggarakan giveaway yaitu 

memberikan like dan komentar pada postingan Anda, mention lebih dari satu orang teman untuk setiap akun yang mengikuti giveaway, pastikan akun sosial media konsumen yang mengikuti giveaway tidak di private. 

Penjelasan tentang kapan waktu dimulainya giveaway, waktu berakhirnya, dan waktu pengumuman giveaway juga harus Anda informasikan. Jangan sampai para konsumen tidak mendapat kejelasan tentang info tersebut. 

3. Tentukan Hadiah Giveaway

Jenis hadiah yang ditawarkan juga mempengaruhi keberhasilan giveaway, karena banyak sebagian konsumen yang hanya tertarik dan fokus pada hadiah giveaway yang akan diberikan. Hadiah yang biasanya diberikan untuk giveaway dapat berupa uang, voucher, diskon harga, produk itu sendiri atau barang bernilai lainnya.

4. Penggunaan Hastag

Penggunaan hastag pada postingan giveaway pasti sering Anda temukan di media sosial. Penggunaan hastag ini memiliki tujuan untuk meramaikan giveaway yang Anda buat. Buatlah hastag-hastag yang menarik dan sesuai dengan konteks giveaway yang Anda buat. 

Contohnya seperti #giveawayvalentine, #voucherdiskon50% dan masih banyak contoh lainnya lagi, Anda juga bisa menyesuaikan hashtag yang sesuai dengan nilai brand Anda atau campaign yang sedang Anda buat.

5. Promosikan Giveaway

Promosikan event giveaway yang Anda buat seluas mungkin agar semakin banyak orang yang mengikuti event ini. Anda dapat mempromosikan melalui platform media sosial yang Anda miliki, contohnya seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan platform media sosial lainnya.

6. Tentukan Pemenang Giveaway

Jika Anda sudah menentukan batas akhir giveaway, saatnya mengumumkan pemenangnya. Pengumuman pemenang biasanya dilakukan di akun media sosial yang Anda gunakan untuk memulai giveaway tersebut. Namun, Anda juga bisa mengumumkan pemenang tersebut di website resmi Anda. Tujuannya untuk menghindari adanya upaya penipuan oleh pihak lain. 

Setelah pengumuman dibuat jangan lupa untuk segera menghubungi pihak yang bersangkutan untuk memberikan detail cara memperoleh hadiahnya. Dan buatlah konten ucapan terimakasih di akun sosial media Anda atas keikutsertaan seluruh audiens yang telah mengikuti giveaway.

Baca Juga: Apa Itu Social Media Analytics Tools dan Kegunaannya?

Apakah Giveaway Dapat Meningkatkan Brand Awareness?

Brand awareness adalah kemampuan konsumen dalam mengingat atau mengenali suatu brand, meskipun itu hanya meliputi nama/gambar/slogan yang dimiliki oleh brand tersebut. Salah satu hal terpenting untuk mempertahankan kelangsungan bisnis Anda yaitu dengan cara meningkatkan brand awareness.

Memang tidak mudah untuk menciptakan hal ini, akan tetapi dengan perkembangan media sosial yang semakin canggih, hal ini tentunya dapat diciptakan.

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan selaku pelaku bisnis untuk meningkatkan brand awareness adalah membuat giveaway. Saat Anda melakukan giveaway buatlah konsumen tertarik dengan brand Anda.

Caranya dengan menggunakan produk Anda sebagai hadiah untuk pemenang giveaway yang Anda buat. Hal ini tentunya menarik perhatian konsumen dan dapat membuat konsumen mengingat brand dan produk yang Anda miliki.

Jenis-jenis Giveaway yang Dapat Anda Buat

Freepik

Ada dua jenis tipe Giveaway yang dapat Anda buat, yaitu:

  • Self Giveaway

Self giveaway adalah jenis giveaway yang dilakukan secara mandiri. Anda dapat menentukan detail promosi, ketentuan, hingga hadiah yang akan diberikan. Self giveaway biasanya dilakukan oleh pebisnis yang sudah memiliki banyak konsumen. Karena memiliki anggaran yang khusus digunakan untuk membuat pemasaran dan promosi.

Self Giveaway diselenggarakan dengan beragam. Syarat yang diminta juga disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai pihak pembuat giveaway. Contohnya, memberikan challenge kepada peserta giveaway untuk memposting produk Anda di akun media sosial konsumen.

  • Sponsor Giveaway

Sponsor giveaway bisa menjadi pilihan bila Anda tidak ingin repot membuat giveaway. Hal ini dikarenakan giveaway diselenggarakan oleh pihak ketiga, biasanya disebut sebagai host. Seluruh rangkaian acara giveaway, dari dimulainya giveaway sampai pengumuman pemenang diatur oleh host.

Tentu hal ini tidak gratis, Anda harus membayar jasa ke host yang menyelenggarakan giveaway Anda. Tapi Anda dimudahkan dengan tidak perlu membuang terlalu banyak tenaga dan pikiran untuk membuat giveaway yang menarik.

Biasanya giveaway jenis ini diikuti oleh beberapa brand sekaligus, jadi merupakan event yang besar. Jenis giveaway ini bertujuan untuk meningkatkan brand awareness dan engagement. Jadi, syarat dan ketentuan dari giveaway ini adalah mendapatkan sebanyak mungkin konsumen yang ikut berpartisipasi. 

Dapat disimpulkan bahwa Giveaway merupakan kegiatan yang dilakukan untuk membagikan hadiah kepada konsumen dengan syarat tertentu. Syarat yang ditetapkan dapat bermacam-macam sesuai dengan keinginan dari penyelenggara giveaway.

Event ini tentu dapat meningkatkan brand awareness bagi suatu produk karena konsumen akan fokus dan tertarik untuk mengikuti giveaway apalagi dengan berbagai hadiah yang ditawarkan oleh penyelenggara giveaway. Jadi, apakah Anda sebagai pelaku bisnis tertarik untuk mengadakan Giveaway?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *