Seiring dengan berkembangnya teknologi, penggunaan sosial media menjadi hal yang sering dilakukan. Banyak platform yang dapat dijadikan sebagai tempat berkeluh kesah ataupun hanya untuk sekedar tempat berbagi moment.

Bahkan saat ini banyak yang menggunakan sosial media sebagai tempat untuk menghasilkan uang. Meskipun penggunaan sosial media sangat populer, tetapi belum banyak pengguna yang tertarik terhadap social media analytics tools.

Contohnya, belum banyak orang yang menggunakan fitur Insight di Instagram untuk mengetahui performa dari akun sosial media yang dimilikinya.

Lalu sebenarnya apakah yang dimaksud dengan social media analytics tools? Apa saja fungsi dan manfaatnya? Apakah ada alasan penting dibalik penggunaan Social Media Analytics Tools ini? Simak penjelasannya lebih lanjut yuk!

Cari Tau Yuk: Ketahui, Pengertian Serta Perbedaan SEO dan SEM!

Apakah Social Media Analytics Tools Itu?

Social Media Analytics Tools adalah perangkat lunak yang digunakan sebagai metode analisa untuk memproses, mengumpulkan, serta menganalisis data dari berbagai platform sosial media. Semakin banyak informasi yang tersebar maka data yang tersimpan akan semakin banyak.

Orang yang bekerja di bidang ini disebut Social Media Analyst. Tugasnya adalah meningkatkan engagement dengan memanfaatkan media sosial sehingga dapat menaikkan traffic dan brand exposure dari media sosial tersebut.

Social Media Analytics Tools ini dapat mendukung kegiatan marketing dari bisnis yang Anda miliki. Analisis sosial media ini menjadi hal yang penting untuk keberlangsungan bisnis Anda.

Pengukuran sosial media ini dapat berupa pertumbuhan followers dari waktu ke waktu, mengetahui jumlah like, comment dan share, mengetahui luas jangkauan konten Anda, mengetahui konten yang paling banyak dan paling sedikit mendapatkan interaksi, serta topik yang paling sering dibahas atau ditanyakan.

Fungsi dari Social Media Analytics Tools

Freepik

Berikut beberapa fungsi dari Social Media Analytics Tools, diantaranya:

1. Menentukan Segmentasi

Menentukan segmentasi dapat mengefektifkan kerja marketing. Penentuan segmentasi ini dapat dikaitkan melalui gaya hidup, wilayah konsumen, usia yang dapat dijadikan target yang tepat. Jika hal tersebut sudah ditentukan maka Anda dapat menentukan konsumen yang ideal bagi produk Anda.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Brand Awareness adalah keadaan dimana konsumen atau calon pelanggan Anda mengenali produk yang Anda miliki walaupun hanya mengingat logo, gambar atau hal lainnya yang berhubungan dengan produk Anda. Dengan menggunakan social media analytics tools Anda dapat meningkatkan brand awareness produk Anda. Jika produk Anda secara konsisten ditampilkan di media sosial, maka calon pelanggan yang awalnya hanya mengingat sekilas produk Anda akan mulai memperhatikan dan tertarik kepada produk Anda. Sehingga memungkinkan calon pelanggan membeli dan menggunakan produk Anda.

3. Meningkatkan User Engagement

Jika brand awareness sudah meningkat maka akan semakin banyak orang yang mengetahui produk Anda. Hal ini bisa meningkatkan penjualan terhadap produk Anda. Selain itu, hal itu juga mampu meningkatkan interaksi dengan calon konsumen Anda. 

4. Mengetahui Respon Pelanggan

Respon pelanggan dapat Anda ketahui melalui fitur komentar dan like yang ada di berbagai platform media sosial. Berbagai respon dari konsumen akan muncul yang berkaitan tentang produk Anda. Hal ini memudahkan Anda untuk melakukan evaluasi terhadap produk Anda. Dari fitur tersebut, Anda juga dapat mengetahui seberapa puas konsumen terhadap produk yang Anda miliki.

Baca Juga: Apa Itu Creative Agency Beserta manfaatnya?

Alasan Penting Penggunaan Social Media Analytics Tools

Media sosial saat ini memudahkan konsumen untuk menyampaikan keluhan secara cepat dan mudah. Banyak yang menjadikan media sosial sebagai layanan untuk pelanggan. Melalui social media analytics tools ada dapat memanage keberlangsungan bisnis Anda.

Alasan penting dari penggunaan social media analytics tools yaitu Anda dapat mengevaluasi performa dari konten Anda, memantau kondisi kompetitor dan membandingkan dengan produk yang Anda miliki. 

Selain itu, social media analytics tools dapat menentukan teknik yang sedang Anda gunakan berhasil atau tidak, dan memantau strategi yang lebih baik kedepannya.

Adapun beberapa hal yang bisa dilakukan jika anda menggunakan social media analytics tools adalah Anda dapat memonitoring performa keseharian, pengaturan jadwal posting, dan sebagainya. Hal ini membuat Anda dapat mengevaluasi tentang respon pengunjung di media sosial yang Anda miliki. 

Manfaat dari Social Media Analytics Tools

Freepik

Berikut berbagai manfaat dari penggunaan Social Media Analytics Tools, yaitu:

1. Mengetahui Trend terkini

Rata-rata pengguna di sosial media tertarik untuk mengikuti berbagai trend yang berkembang saat ini. Hal ini tentunya menguntungkan bagi Anda selaku pelaku bisnis. Hal ini memudahkan Anda mengetahui trend yang sedang disukai oleh masyarakat. Sehingga Anda dapat membuat konten-konten yang sesuai dengan trend terkini dan menarik minat para user di media sosial.

2. Membantu Membuat Konten yang Lebih Menarik

Sebagai pelaku bisnis, Anda harus memunculkan ide-ide baru dan melakukan inovasi terhadap produk Anda. Social Media Analytics Tools dapat membantu Anda membuat konten yang lebih menarik. Karena hal ini disesuaikan dengan trend yang sedang terjadi di media sosial, sehingga Anda konten-konten Anda tetap up to date.

3. Branding dan Identity

Branding merupakan pembangunan citra untuk suatu produk agar terlihat menarik dan dapat diingat oleh konsumen. Sedangkan Identity merupakan cara untuk mengenalkan produk atau merek ke masyarakat. Kedua hal ini saling berkaitan dan penting bagi keberlangsungan bisnis Anda. Hal ini juga berguna untuk membangun social media campaign Anda. 

4. Membangun Sosial Media Campaign

Social Media Analytics Tools dapat membantu Anda dalam membangun sosial media campaign Anda dengan membuat konten-konten yang tepat dan kreatif sesuai dengan perkembangan terkini. Gunakanlah berbagai platform media sosial untuk memaksimalkan sosial media campaign yang sedang Anda jalankan.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa Social Media Analytics Tools sangat berguna untuk keberlangsungan bisnis Anda. Hal ini merupakan perangkat lunak yang digunakan sebagai metode analisa untuk memproses, mengumpulkan, serta menganalisis data dari berbagai platform sosial media.

Beberapa analisa yang diperoleh dari penggunaan social media analytics tools yaitu mengetahui pertumbuhan followers dari waktu ke waktu, jumlah like, comment dan share, mengetahui luas jangkauan konten mulai dari konten yang paling banyak dan paling sedikit mendapatkan interaksi, serta topik yang paling sering dibahas atau ditanyakan. 

Alasan penting dari penggunaan social media analytics tools yaitu Anda dapat mengevaluasi performa dari konten Anda, memantau kondisi kompetitor, membandingkan produk Anda dengan kompetitor serta menentukan strategi yang paling tepat untuk bisnis Anda.

Social Media Analytics Tools juga memiliki fungsi sebagai berikut: menentukan segmentasi, meningkatkan brand awareness, meningkatkan user engagement, serta mengetahui respon dari pelanggan.

Saat ini, sudah banyak Social Media Analytics Tools yang dapat Anda gunakan untuk memaksimalkan campaign sosial media Anda. Manfaatkanlah hal tersebut untuk memonitoring performa media sosial Anda. Dengan begitu Anda dapat meningkatkan bisnis yang sedang Anda kembangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *