Dalam membangun sebuah bisnis ada banyak strategi dan faktor yang berperan penting di dalamnya, salah satu poin penting yang perlu diperhatikan adalah brand awareness atau kesadaran pelanggan tentang merek Anda. Begitu juga dengan cara meningkatkan brand awareness untuk bisnis Anda, tidak hanya dalam waktu dekat namun untuk jangka panjang.

Dari sekian banyak bisnis yang telah terbukti sukses adalah mereka yang berhasil menjalankan strategi ini dengan baik.

Untuk Anda yang ingin atau sudah membuat brand sendiri, pengetahuan tentang brand awareness atau kesadaran merek menjadi hal penting yang harus diketahui guna tingkatkan brand awareness produk atau jasa Anda.

Lantas apa yang dimaksud dengan brand awareness? yuk simak penjelasan berikut.

Cari Tau Yuk: Apa Itu Brand Equity Beserta Cara Membangunnya!

Apa Itu Brand Awareness

cara meningkatkan brand awareness dengan branding
source: freepik

Pengertian brand awareness atau kesadaran merek merupakan istilah strategi marketing yang dapat membuat konsumen atau target audiens mengingat dan mengenali suatu produk barang maupun bisnis baik dari karakter, logo, dan lain lain.

Strategi marketing ini juga akan membuat brand akan lebih mudah di percaya konsumen dan tentunya hal ini akan berpengaruh pada meningkatnya penjualan.

Maka dari itu, cara meningkatkan brand awareness ini perlu sekali diketahui, karena hal ini akan menjadi faktor penting dalam menentukan perilaku konsumen atau target audiens pada saat pengambilan keputusan untuk melakukan suatu pembelian.

Selain itu, brand awareness juga bisa menjadi pengukur seberapa mudah brand Anda dikenali dan diingat oleh konsumen maupun target audiens.

Pada umumnya, brand awareness atau kesadaran merek dapat digolongkan menjadi 3 bagian berbeda. Berikut penjelasan singkatnya:

  • Brand recognition adalah kemampuan konsumen untuk mengenali atau mengingat brand saat mereka melihat sebuah tampilan karakteristik yang berhubungan dengan suatu produk. Adakalanya konsumen tidak tahu nama sebuah produk, tetapi disisi lain mereka tahu dengan melihat logo serta warna maupun tagline dari sebuah produk maupun jasa.
  • Brand recall adalah kemampuan konsumen dalam mengingat nama sebuah brand saat melihat atau mendengar kategori produk maupun jasa.
    Contohnya, ketika Anda ingin membeli barang elektronik, biasanya Anda otomatis akan mengingat satu atau dua brand yang paling familiar.
  • Top of mind awareness adalah kemampuan konsumen dalam memikirkan satu brand yang pertama kali muncul di pikiran mereka ketika mendengar suatu produk di industri tertentu.

Manfaat Brand Awareness

cara meningkatkan brand awareness dan manfaatnya
source: freepik

Pada kenyataannya, brand awareness mempunyai banyak manfaat untuk pemilik bisnis atau usaha. Berikut beberapa poin penjelasannya:

1. Menambah Pelanggan Baru

Apabila sebuah brand mampu meninggalkan kesan yang positif dan mendalam kepada konsumen, bisa jadi hal inilah yang akan menyebabkan pelanggan baru berdatangan. Ditambah lagi kalau produk dengan brand tadi memang memiliki kualitas dan value bagus dan bisa memenuhi apa yang dibutuhkan oleh konsumen.

Dari situ nantinya, produk atau jasa yang kita tawarkan tersebut akan disebarkan dari mulut ke mulut lalu semakin banyak masyarakat yang akan menggunakannya.

Jika brand awareness sudah melekat kuat dan kokoh di hati konsumen, tentunya ini merupakan nilai tambah bagi sebuah brand.

Sehingga aspek ini bisa menjadi daya tarik untuk menggaet konsumen untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Hal ini dikarenakan konsumen telah merasa dekat dan juga familiar dengan brand tersebut.

2. Mengangkat Nilai Jual

Manfaat lain yang bisa didapatkan jika strategi brand awareness berhasil dijalankan ialah bisa mengangkat nilai jual barang maupun jasa dari sebuah brand.

Apabila brand sudah dalam ingatan konsumen, maka mereka akan membeli suatu produk barang maupun jasa yang brand-nya sudah melekat dalam pikirannya, kondisi ini disebabkan karena mereka merasa dekat dan familiar dengan brand tersebut.

Tentunya ada banyak cara untuk meningkatkan nilai jual, misalnya dengan packaging yang unik, penjualan dengan sistem bundling, atau banyaknya dukungan review positif dari pelanggan setia yang telah puas dengan produk dan jasa yang Anda tawarkan.

Kemudian bisa juga melakukan kampanye melalui cara-cara strategi pemasaran online dengan memanfaatkan media sosial, iklan Google, iklan YouTube, dan SEO adalah strategi ampuh untuk kondisi sekarang ini.

Apabila peningkatan tersebut didukung juga dengan kualitas produk serta layanan pendukung lainnya yang sangat baik, tidak heran kalau suatu ketika Anda menaikkan harga maka konsumen akan tetap setia dan membeli produk Anda.

3. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Ketika Anda mampu meyakinkan dan bisa membuat konsumen mau membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan, tandanya Anda sudah mulai berhasil masuk ke dalam tahap loyalitas konsumen.

Konsumen yang loyal tidak akan pergi dan membeli produk lain selama Anda masih memberikan apa yang mereka butuhkan dari apa yang Anda tawarkan.

Cara meningkatkan brand awareness atau kesadaran merek mempunyai peran penting dalam aktivitas pembelian ulang (repeat order). Apabila sebuah brand sudah memiliki pasar yang baik, maka kemungkinan besar brand tersebut akan selalu mendapatkan dukungan dari pelanggan setianya.

Karena mendapatkan konsumen baru merupakan salah satu proses yang mahal, sehingga mempertahankan pelanggan dan membawa mereka kembali lagi sangat penting untuk keberlanjutan bisnis jangka panjang. Loyalitas konsumen menciptakan tingkat keamanan tertentu untuk bisnis.

4. Membangun Ciri Khas dan Keberadaan Merek

Diantara beberapa manfaat cara branding produk atau jasa yang terpenting adalah menciptakan ciri khas atau identitas yang tiada duanya dengan brand lain. Tentunya hal ini sangat diperlukan agar tidak ada pesaing yang bisa menyerupai dan memudahkan konsumen ketika membedakan dengan produk kompetitor.

Keunikan yang dimiliki sebuah brand juga menjadi keuntungan karena akan selalu diingat oleh pelanggan.

Sebuah brand belum bisa dikatakan sukses jika masyarakat di sekitarnya masih belum menyadari akan kehadiran dari brand tersebut. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesadaran akan keberadaan merek tentunya dengan menerapkan hal-hal unik yang berhubungan dengan karakter, logo, nama, maupun slogan dari sebuah produk.

Selain dari itu, pembuatan iklan yang unik juga bisa membuat konsumen untuk lebih mengingat produk. Setelahnya, coba buat iklan promosi yang unik, berkesan, dan membuat konsumen selalu ingat akan merek Anda.

Sering kali kita temukan konsumen justru ingat akan kata-kata iklan dari suatu produk dan langsung mengingat produk tersebut. Hal seperti ini menandakan jika branding dari suatu produk tersebut berhasil.

5. Menciptakan Kepercayaan

Menciptakan kepercayaan pelanggan merupakan hal yang sangat tidak mudah untuk didapatkan, terutama jika brand tersebut tergolong masih baru. Namun, ketika masyarakat mempunyai brand awareness yang tinggi, maka itu pun bisa membawa pada meningkatnya rasa percaya konsumen terhadap produk dari suatu brand.

Salah satu cara branding yang strategis adalah yang mampu mendapatkan banyak kepercayaan yang datang dari konsumen maupun investor. Maka dari itu, buat dan bangunlah branding dengan menekankan suatu keunikan dalam bidang tertentu.

Jadi, itulah penjelasan mengenai pengertian dan berbagai manfaat brand awareness yang harus diketahui jika sekarang Anda inigin memulai suatu bisnis.

Setelah ini, Anda bisa mengambil langkah-langkah strategis untuk melakukan branding yang tepat sasaran dan terukur. Semoga informasi ini bermanfaat dan cara meningkatkan brand awareness ini bisa diaplikasikan dalam bisnis Anda nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *