Semakin berkembangnya teknologi digital yang memberikan banyak manfaat bagi para penggunanya, semakin banyak pula cara untuk meningkatkan sebuah bisnis. Bahkan kini ketergantungan sebuah perusahaan pada tenaga manusia terus berkurang, karena adanya inovasi teknologi serta sistem digitalisasi.

Menerapkan sistem digitalisasi sudah menjadi kewajiban bagi sebuah bisnis. Ini dilakukan selain karena memberikan keuntungan, agar suatu bisnis mampu bertahan dan bersaing di tengah kemajuan teknologi. Salah satu kemajuan teknologi yang tanpa disadari telah digunakan membantu dalam menjalankan suatu bisnis adalah SaaS.

SaaS atau software as a service merupakan layanan perangkat lunak yang berbasis cloud, di mana sebuah aplikasi dikembangkan dan dikelola oleh satu provider cloud utama. Pada penerapan bisnis model SaaS ini, para penggunanya tidak perlu lagi membutuhkan perangkat keras atau hardware yang menghabiskan banyak biaya sampai tempat penyimpanan hardware tersebut.

Kebutuhan pada model SaaS ini bahkan telah nampak antusias dari para penggunanya, seiring kemajuan teknologi yang semakin canggih. Sudah bukan rahasia lagi bahwa penerapan SaaS ini memberikan banyak keuntungan terutama dalam industri bisnis digital.

Bahkan ini sudah diprediksi oleh peneliti dari perusahaan asing terkenal seperti Gartner, yang mana mereka menyatakan bahwa pada tahun 2022 software berbasis cloud ini akan bernilai USD 143,7 miliar. Inilah kenapa beberapa tahun belakangan layanan ini semakin dikenal di kalangan pelaku bisnis sampai entrepreneur. 

Cari Tau Yuk: Mengenal Manfaat Content Marketing dan Cara penerapannya

Benefit Penerapan SaaS dalam Bisnis

Freepik

Software as a Service memberikan banyak keuntungan yang membantu atas produktivitas dalam bisnis Anda. Sebagai salah satu inovasi dari kemajuan teknologi, SaaS telah berkembang secara bertahap dari tahun ke tahun.

Pada awalya layanan model SaaS hanya menangani hal yang berkaitan dengan software CRM, layanan akuntansi, dan pengkajian saja. Namun, kini SaaS tersedia untuk berbagai bisnis seperti layanan email, manajemen keuangan, manajemen database, penjualan, dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, kenapa dalam menerapkan layanan SaaS dalam bisnis memberikan banyak keuntungan bagi para penggunanya. Karena sudah hampir semua aspek kehidupan dapat dilakukan dengan bantuan layanan aplikasi berbasis cloud ini.

Para pelaku bisnis yang ingin meningkatkan usaha untuk lebih menarik banyak perhatian target audiens, tidak perlu mengkhawatirkan sistem operasional dan sebagainya apabila memanfaatkan layanan SaaS dalam bisnis Anda. Sehingga Anda bisa memfokuskan aspek lain dalam bisnis untuk meningkatkannya.

Dan masih banyak benefit atau keuntungan lainnya yang bisa dirasakan apabila menerapkan model SaaS untuk peningkatan bisnis Anda. Maka berikut ini beberapa penjelasan singkat apa saja benefit dari penerapan SaaS dalam bisnis.

1. Memberikan Keuntungan dalam Menghemat Biaya Operasional

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa SaaS memberikan solusi untuk Anda yang memiliki biaya terbatas dalam meningkatkan bisnis di tengah gempuran transformasi digital. Maka dari itu SaaS ada untuk membantu dalam menghemat biaya operasional saat Anda sedang meningkatkan bisnis.

Menggunakan layanan SaaS ini Anda tidak perlu lagi mengkhawatir biaya perawatan perangkat hingga perbaikan teknisi IT lainnya. Pasalnya, infrastruktur dan pengembangan aplikasi tersebut dikelola oleh pihak ketiga dengan server eksternal lainnya. Sehingga Anda hanya perlu mengeluarkan biaya langganan untuk dapat mengaksesnya sesuai dengan kebutuhan bisnis.

2. Meningkatkan Efisiensi bagi Bisnis

Dengan menerapkan layanan aplikasi berbasis cloud ini juga dapat meningkatkan efisiensi bagi bisnis Anda, mulai dari waktu, energi, sampai biaya yang dihabiskan. Karena untuk dapat membuat hingga menguji sebuah software atau aplikasi Anda harus mempunyai banyak waktu, biaya, energi, dan sebagainya.

Maka dari itu, jika menggunakan SaaS untuk meningkatkan bisnis Anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan itu semua. Sehingga Anda dapat menggunakannya untuk lebih memfokuskan pada hal lainnya dan bisa dengan cepat mencapai target yang diinginkan. Dengan adanya penerapan SaaS mampu membuat kegiatan bisnis berjalan lebih efisien.

3. Kemudahan Akses dan Dukungan dalam Fleksibilitas Kerja

Selain itu, keuntungan yang sangat mempermudah para pengguna SaaS terlebih di masa pandemi Covid19 yang mengharuskan Anda bekerja dari rumah atau remote working. Hal ini sangat membantu dalam menjalankan remote working di mana Anda dapat mengakses layanan tersebut dari perangkat mana saja selama masih terhubung dengan jaringan internet.

Tentu ini mendukung fleksibilitas kerja para pekerja dalam melakukan aktivitas mereka sehari-hari. Tanpa perlu susah-susah dalam menyelesaikan tugas, serta dapat tetap terus produktif selama di mana saja dan kapan saja meskipun tidak datang ke kantor.

4. Produktivitas Pekerja Menjadi Meningkat

Dari penerapan model SaaS dalam bisnis juga bisa membuat produktivitas pekerja menjadi meningkat. Dengan adanya kemajuan dari teknologi ini dapat membantu para pekerja menjadi lebih cepat dan mudah dalam melakukan tugas. Serta pekerjaan Anda akan lebih akurat, karena berkurangnya gangguan yang sering terjadi saat bekerja di kantor.

Hal ini lah yang dapat membantu bisnis Anda berkembang lebih cepat, karena produktivitas pekerja yang meningkat tersebut. Dengan penggunaan SaaS, Anda dapat menyelesaikan tugas lebih banyak setiap harinya, dibandingkan tidak memanfaatkan penerapan SaaS dalam bisnis.

5. Melakukan Analisis Data dengan Mudah

Benefit lain yang bisa dirasakan dari layanan ini adalah ketika Anda ingin melakukan analisis data perusahaan atau bisnis. Pengelolaan data dalam layanan SaaS ini akan terpusat pada satu aplikasi saja saat Anda sedang melakukan pengolahan data tertentu.

Dengan demikian, Anda akan lebih mudah dalam melakukan analisis data perusahaan melalui bantuan dari software as a service itu. Dan dari analisis tersebut dapat Anda gunakan untuk mengevaluasi target, serta membuat strategi baru di masa depan bagi bisnis Anda.

Baca Juga: Ketahuilah! Apa itu Competitor Analysis dan Penerapannya

Cara Kerja dari Software as a Service (SaaS)

Freepik

Cara kerja dari SaaS itu sendiri dengan memanfaatkan jaringan internet, selama memiliki koneksi internet Anda dapat mengakses layanan aplikasi berbasis cloud tersebut. Tentu saja ini sangat mudah untuk dijangkau para pengguna yang ingin merasakan manfaat dari SaaS ini.

Di mana Anda tidak perlu mengeluarkan biaya perawatan, pemulihan, dan pengembangkan perangkat IT maupun lainnya, Anda hanya perlu membayar langganan aplikasi SaaS yang dibutuhkan. Lalu Anda dapat membayar biaya langganan sesuai fitur sesuai berapa lama yang diinginkan, mulai dari mingguan, bulanan sampai tahunan.

Selain itu, Anda dapat menghentikan langganan kapan saja saat sudah tidak membutuhkannya. Sehingga Anda tidak akan rugi atas perangkat IT dan sebagainya apabila tidak menggunakan layanan SaaS lagi. Karena perusahaan atau bisnis Anda yang menggunakan layanan SaaS tidak ditugaskan untuk mengatur dan memelihara perangkat tersebut.

Dan harus Anda ketahui pula bahwa kode verifikasi aplikasi sama untuk semua pelanggannya, di mana saat fitur baru dirilis itu akan didapatkan oleh semua penggunanya. Sesuai dengan perjanjian tingkat layanan (SLA), data pengguna untuk setiap aplikasi disimpan secara lokal di cloud, atau keduanya juga disimpan secara lokal di cloud.

Oleh sebab itu, penerapan SaaS memberikan dampak positif untuk peningkatan bisnis Anda, selama penggunaanya dilakukan dengan tepat dan cermat. Contoh layanan SaaS yang telah banyak digunakan ada Microsoft 365, Netflix, Google Workspace, Accurate, dan masih banyak yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.