Media Planning adalah proses perencanaan pemasaran dengan menggunakan media yang akan digunakan untuk mengiklankan suatu produk. Perencanaan ini dapat membantu menyampaikan pesan secara optimal dari suatu produk yang sedang Anda kembangkan.

Selain itu, berbagai macam media bisa digunakan untuk perencanaan ini, seperti media cetak sampai media online. Sebutan bagi seseorang yang menggeluti bidang ini  adalah Media Planner

Peran seorang Media Planner dalam hal ini cukup besar, karena tidak hanya mengatur strategi tetapi Anda juga harus menentukan kombinasi media yang tepat dan mengoptimasi performa media yang akan digunakan.

Tidak hanya itu, media planner juga harus mengetahui produk yang ingin dikembangkan. Hal ini dilakukan agar tujuan yang Anda inginkan dapat tercapai dan tentunya akan berdampak pula terhadap pengembangan bisnis Anda.

Lalu, bagaimana proses Media Planning berjalan? Sebelum melakukan perencanaan, Media Planner harus mengetahui apa saja yang menjadi poin penting untuk memasarkan suatu produk. Beberapa poin diantaranya seperti biaya produksi, target audiens, dan penggunaan platform yang tepat. 

Hal ini dilakukan agar perencanaan lebih efisien dan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Dibutuhkan ketelitian tinggi agar tidak salah langkah dalam membuat Media Planning. Jika hal ini terealisasi dengan baik maka akan meningkatkan nilai jual sesuai dengan yang Anda harapkan.

Cari Tau Yuk: Perlukah Membuat Instagram Shopping? Dan Bagaimana Cara Memanfaatkannya

Komponen dalam Media Planning

Freepik

Berikut adalah beberapa komponen pada media planning, antara lain:

1. Audiens

Jika Anda ingin memasarkan produk, Anda harus mengetahui siapa audiens yang menjadi target pemasaran Anda. Karena informasi tentang audiens menjadi bekal yang penting untuk mengembangkan produk Anda. Informasi seperti umur, pendapatan, dan media yang sering diakses oleh audiens dapat dijadikan acuan awal untuk membuat perencanaan.

Jika sudah mengetahui siapa audiens Anda maka hasil tersebut dapat digunakan untuk menargetkan pemasaran sesuai dengan audiens yang tepat. 

2. Biaya Marketing

Biaya marketing adalah semua biaya yang dikeluarkan untuk memasarkan suatu produk dari awal sampai akhir produksi. Biaya marketing biasa disebut marketing cost. Hal ini harus dihitung matang-matang sebelum membuat media planning.

Karena jika hal ini belum diperhitungkan dengan matang maka akan berdampak buruk bagi bisnis Anda. Seorang Media Planner sudah harus memperkirakan semua biaya untuk membuat perencanaan ini.

3. Tujuan yang ingin dicapai

Untuk membuat media planning, tidak hanya biaya yang harus diperhitungkan. Tetapi Anda juga harus mengetahui tujuan yang ingin dicapai dan bagaimana cara mencapai tujuan tersebut. Dengan adanya tujuan, maka perencanaan Anda akan lebih terarah dan jelas. Termasuk tujuan penyelenggaraan sampai mencapai goals yang diinginkan. 

4. Jangkauan Pesan

Jangkauan pesan ini meliputi jumlah orang yang ingin dicapai. Jangkauannya bisa tersebar secara luas atau hanya lingkup tertentu saja, contohnya hanya wilayah tertentu saja yang ingin dijangkau atau tersebar luas ke seluruh wilayah di nusantara. Tidak hanya banyaknya orang, tetapi juga seberapa lama Anda dapat terus mengembangkan jangkauan tersebut. Semua itu tergantung dari perencanaan yang ingin Anda buat.

5. Frekuensi Pesan

Frekuensi pesan, seperti namanya hal ini berhubungan dengan jumlah tayangan iklan yang dituju ke audiens sebagai target pemasaran. Hal-hal seperti jumlah iklan, tingkat penyebaran iklan (sering atau tidaknya) semua itu harus diperhatikan dan direncanakan dengan matang. Sehingga akan tercapai tujuan dari media planning yang diinginkan.

Pentingkah Peran Media Planner untuk Bisnis Anda?

Setelah mengetahui komponen-komponen dari media planning, lalu apakah peran media planner penting bagi bisnis Anda? Tentunya peran tersebut penting karena dengan adanya media planner Anda dapat membuat perencanaan yang lebih terarah dan sesuai dengan tujuan yang ingin Anda capai.

Karena tuntutan ini, seorang media planner harus memikirkan strategi dan mengatur keuangan dengan efektif untuk memilih media yang tepat dan mencapai target pasar. 

Hal ini pastinya akan berpengaruh pada produk, brand, serta layanan yang Anda miliki. Ketika Anda sudah mengetahui target pasar Anda, maka akan memudahkan media planner untuk menentukan media yang tepat untuk digunakan dan mengiklankan produk yang Anda miliki.

Tidak hanya itu, seorang media planner dapat melakukan evaluasi mengenai strategi yang sedang dijalankan. Jika ada hal-hal yang harus diperbaiki maka media planner akan memberikan solusi dari permasalahan tersebut.

Baca juga: Apa itu User Interface? Yuk, Simak Karakteristiknya!

Faktor – faktor yang mempengaruhi Media Planning

Freepik

Adapun faktor-faktor yang dapat mempengaruhi penerapan dari Media Planning, yaitu:

1. Riset Pasar

Riset pasar merupakan proses analisis kelayakan pemasaran untuk suatu produk dengan melibatkan konsumen yang relevan. Oleh karena itu, riset pasar memiliki pengaruh yang cukup besar, karena hal ini dapat menentukan kesuksesan dari perencanaan yang Anda buat.

Hal ini berhubungan juga dengan audiens yang menjadi target pasar strategi pemasaran produk Anda. Dengan melakukan riset pasar Anda akan dapat mengetahui audiens yang cocok untuk produk, dan layanan bisnis yang sedang Anda kembangkan. 

2. Tujuan Media Planning

Sama halnya dengan komponen dari media planning, menetapkan tujuan yang spesifik juga menjadi faktor yang dapat mempengaruhi perencanaan bisnis Anda. Menentukan tujuan dalam media planning dapat memudahkan Anda untuk melaksanakan berbagai campaign dan konten yang telah dirancang dan yang akan diiklankan.

Selain meningkatkan penjualan, apa pula tujuan lain yang dapat direalisasikan yaitu dengan meningkatkan brand awareness agar konsumen lebih mengenal produk san dapat meningkatkan jumlah orang yang akan menggunakan produk Anda.

3. Template Media

Template media juga dapat mempengaruhi pembuatan media planning Anda. Pemilihan template yang sesuai dan menarik akan menjadi daya tarik tersendiri dan menjadi ciri khas dari produk Anda. Template media ini akan memudahkan Anda dalam menyelenggarakan berbagai campaign di media yang akan digunakan. Dengan adanya template media maia perencanaan akan tergambar dan tersusun dengan baik.

Dapat disimpulkan bahwa, media planning merupakan proses perencanaan pemasaran yang melibatkan media untuk mengiklankan suatu produk. Media planning dapat berjalan dengan adanya peran dari Media Planner.

Tentu saja bukan tugas yang mudah, karena tidak hanya mengatur strategi, Media Planner juga bertugas untuk menentukan jenis media, frekuensi penayangan, dan biaya yang dikeluarkan dari produk yang akan diiklankan. Hal ini akan membantu produk masuk ke target pasar Anda, dan pastinya akan berdampak baik untuk bisnis Anda. 

Adapun komponen-komponen dari media planning yaitu pemilihan audiens yang tepat, biaya marketing yang dikeluarkan, tujuan yang ingin dicapai, jangkauan serta frekuensi pesan yang ingin disampaikan.

Selain komponen, ada juga beberapa faktor yang mempengaruhi dalam membuat media planning diantaranya; riset pasar yang dilakukan untuk menganalisis produk, tujuan media planning yang spesifik, dan template media yang akan digunakan.

Itulah sedikit penjelasan tentang media planning yang dapat Anda aplikasikan di penggunaan situs media Anda. Jadi, rencanakan media planning Anda dengan tepat agar hasil yang didapat sesuai dengan harapan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *