Content Marketing atau konten pemasaran merupakan salah satu cara pemasaran yang dilakukan dengan memanfaatkan konten sebagai alat atau sarana untuk menarik perhatian target audiens terhadap suatu produk maupun layanan. Konten yang difokuskan disini untuk melakukan promosi produk dan layanan yang ditawarkan oleh suatu brand.

Pada dasarnya konten bukan hanya untuk pemasaran pada media digital saja, tetapi juga dapat disebutkan pada pemasaran yang menggunakan media konvensional seperti poster, brosur, hingga baliho. Indikator yang paling penting dalam membuat sebuah konten pemasaran yang pasti harus unik dan menarik perhatian para target audiens.

Manfaat dari Content Marketing

Freepik

Konten pemasaran tentu saja memiliki banyak manfaat bagi kelancaran bisnis Anda. Salah satu manfaat dari content marketing yaitu dalam meningkatkan exposure dan engagement suatu bisnis. Selain itu, masih banyak lagi manfaat dari content marketing yang perlu Anda ketahui, dan berikut ini beberapa manfaatnya yang bisa digunakan dalam konten pemasaran baik pemasaran konvensional maupun digital.

1. Meningkatkan Brand Awareness

Dengan adanya content marketing tentu saja memiliki tujuan untuk meningkatkan brand awareness, yang mana dari konten itu sangat bermanfaat agar bisnis Anda dapat dikenal di seluruh pasar dan masyarakat.

Hal ini penting untuk memperkenalkan produk bisnis Anda melalui konten pemasaran yang bisa dengan mudah mendatangkan target market. Content Marketing ini sangat bermanfaat untuk para pelaku bisnis yang baru ingin memperkenalkan produk mereka ke khalayak umum.

2. Meningkatkan Traffic pada Website

Content Marketing juga bermanfaat dalam meningkatkan traffic pada website. Di mana dari konten yang dibuat untuk diposting di website perusahaan dapat memberikan peringkat yang tinggi di halaman Google. Dan ini artinya optimasi SEO berkat konten pemasaran itu berhasil dilakukan.

Seperti yang perlu Anda ketahui, jika konten yang Anda buat muncul di halaman utama pencarian Google, itu akan membuat pengunjung mengklik konten Anda secara tidak langsung meningkatkan traffic website.

Cari Tau Yuk: Cara Memanfaatkan TikTok Shop dalam Meningkatkan Penjualan

3. Meningkatkan Penjualan Bisnis

Seiringnya traffic website yang meningkat karena konten pemasaran, hal ini juga dapat meningkatkan penjualan pada produk maupun layanan yang Anda miliki. Konten yang bagus bermanfaat untuk menarik perhatian para pengunjung yang merasa bahwa produk yang Anda pasarkan bagus dan terpercaya.

Hal itu dapat saja terjadi setelah para pengunjung melihat konten pemasaran yang Anda posting tersebut. Oleh karena itu, Anda harus membuat konten semaksimal mungkin agar para pengunjung tertarik untuk menggunakan produk maupun layanan bisnis yang Anda miliki.

4. Meningkatkan Konversi Audiens

Salah satu manfaat content marketing adalah meningkatkan konversi audiens menjadi pelanggan Anda. Agar dapat merealisasikan hal itu Anda bisa melakukan riset melalui kompetitor. Selain itu, Anda juga perlu membuat strategi konten yang tepat dengan menyesuaikan strategi pemasaran dan keyword yang utama dalam menarik perhatian target audiens.

5. Mengendalikan Biaya Pemasaran

Manfaat yang lain dari penggunaan content marketing adalah dapat membantu Anda dalam mengendalikan biaya pemasaran. Di mana bisa menekan biaya yang mungkin bisa lebih tinggi selama proses pemasaran produk maupun layanan yang bisnis Anda miliki.

Seperti yang dijelaskan oleh Demand Metric, bahwa biaya yang diperlukan untuk menerapkan konten pemasaran lebih murah 62% dari strategi pemasaran secara tradisional.

6. Memperluas Jaringan Relasi

Dengan penerapan content marketing Anda juga dapat memperluas jaringan relasi pada bisnis lebih luas dan kuat lagi. Dari konten pemasaran tersebut Anda bisa melakukan kerjasama dengan relasi maupun partnership dalam mempromosikan brand yang Anda miliki. Sehingga pada akhirnya Anda dapat melakukan ekspansi bisnis berkat manfaat content marketing tersebut.

Contoh Content Marketing dan Cara Penerapannya

Freepik

Seperti tujuan utama dari content marketing yang digunakan sebagai alat atau media untuk dapat menarik banyak target audiens agar menggunakan produk maupun layanan dari bisnis Anda. Content Marketing dapat dilakukan dengan berbagai metode, dan semuanya memiliki peran yang berbeda-beda. Nah, berikut ini beberapa contoh dari content marketing dan cara penerapannya yang bisa Anda coba.

1. Blog atau Website

Blog atau website adalah salah satu contoh content marketing yang paling umum digunakan oleh para tim marketing saat ini. Biasanya penerapan konten ini dalam bentuk content writing dalam menarik perhatian target market untuk mengunjungi situs web mereka. Dengan blog website menjadi tempat yang tepat untuk memberikan informasi dan tips secara lengkap, serta lebih jelas untuk mudah dipahami.

2. Video

Video juga merupakan contoh konten pemasaran yang dianggap cukup efektif dalam menarik perhatian target marketnya. Konten yang berbentuk video ini biasanya diterapkan untuk konten pemasaran yang dipublikasikan di YouTube, Instagram, Facebook, dan lain sebagainya.

Video tersebut bisa berisi konten edukasi, hiburan, tips yang bermanfaat. Untuk membuat konten ini Anda diharuskan membuatnya seunik dan kreatif mungkin agar target market tertarik dengan yang Anda sampai lewat video tersebut.

3. Infografik

Memberikan informasi seperti data-data, hingga pengetahun menjadi contoh konten yang bisa Anda gunakan untuk lebih mempermudah audiens dalam memahaminya. Bentuk content marketing ini biasanya berupa grafik atau diagram yang dibuat dengan rinci, serta tambahan visual yang menarik. Dengan cara ini dapat membantu proses pemasaran tentang produk Anda lebih mudah tersampaikan ke target market.

Baca Juga: Melakukan Scale Up untuk Meningkatkan Pertumbuhan Bisnis

4. Podcast

Contoh content marketing selanjutnya yang saat ini mulai populer dalam media digital yaitu podcast. Podcast merupakan kumpulan file audio digital yang dapat Anda dengarkan secara langsung (streaming) maupun tidak langsung (download).

Penerapan podcast dalam konten pemasaran bisa Anda pergunakan dengan memberikan topik pembicaran yang santai atau ringan dan menarik. Dari konten dapat membantu Anda dalam meningkatkan brand awareness atas bisnis yang Anda miliki.

5. Sosial Media

Kemudian, ada sosial media yang menjadi salah satu contoh konten pemasaran yang paling wajib digunakan oleh para pelaku bisnis. Di mana tercatat banyaknya pengguna aktif pada platform sosial media ini, sehingga menjadi media pemasaran paling efektif untuk melakukan sebuah promosi.

Penerapan konten pemasaran melalui sosial media biasanya berupa konten bergambar, video singkat, sampai tulisan sederhana untuk menarik perhatian para penggunanya yang berpotensi menjadi pelanggan bisnis Anda.

6. Email

Email atau surat elektronik merupakan contoh content marketing yang banyak digunakan pula oleh para pelaku bisnis sekarang ini. Meskipun efektivitas dari konten ini terbilang cukup rendah dalam meningkatkan penjualan, akan tetapi dengan email Anda masih bisa melakukan pemasaran untuk memperkuat relasi dengan pelanggan Anda.

Mungkin Anda dapat menarik perhatian dengan memberikan diskon atau voucher melalui email kepada audiens yang pernah menggunakan produk Anda.

7. Ebook

Yang terakhir, contoh konten pemasaran yang mungkin kurang populer di telinga Anda yaitu ada ebook. Biasanya penerapan konten pemasaran ini dengan menyusun sebuah panduan atau tutorial tentang suatu hal yang berkaitan dengan promosi. Dengan ebook juga dapat dijadikan sebagai bentuk produk unduhan untuk promosi bisnis dari hasil subscribe yang dilakukan oleh pengunjung situs web Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.