Dalam melakukan bisnis perlu adanya peningkatan penjualan agar bisnis dapat terus berkembang. Banyak strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penjualan produk Anda. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan yakni dengan menggunakan metode canvassing.

Lalu apakah yang dimaksud dengan metode canvassing itu sendiri? Dan bagaimana metode ini dapat meningkatan penjualan produk Anda? 

Nah, Anda tidak perlu khawatir karena artikel ini Convey akan membahas secara lebih dalam mengenai metode canvassing untuk meningkatkan penjualan. Jika Anda penasaran, yuk simak penjelasannya!

Pengertian Canvassing

Canvassing adalah salah satu strategi penjualan yang dilakukan suatu perusahaan untuk melakukan kontak langsung atau berkomunikasi dengan calon konsumen tanpa terlebih dahulu mengatur janji temu.

Canvassing meliputi kegiatan terencana yang seseorang lakukan melalui proses penawaran, pendistribusian, serta upaya untuk meningkatkan penjualan pada produk atau jasa yang Anda miliki. Dalam prosesnya, canvassing juga mencakup penyampaian dan pengumpulan informasi tentang konsumen. 

Seseorang yang melakukan kegiatan canvassing biasanya disebut dengan canvasser. Metode canvassing ini banyak dilakukan oleh perusahaan karena metode ini cukup efektif karena canvasser bertindak untuk menjemput bola agar penjualan lebih meningkat. Dalam hal ini seorang canvasser memiliki tanggung jawab dalam hal pemasaran maupun pendistribusian suatu produk.

Cari Tau Yuk: 5 Tips Mengoptimalkan Landing Page pada Website Anda

Cara Kerja Sales Canvassing Dalam Meningkatkan Penjualan

Cara kerja dari seorang canvasser yaitu melakukan penjualan secara langsung atau dapat disebut jemput bola dengan para pelanggan dalam menjual produk atau jasa yang dimiliki. Canvasser menjadi salah satu bagian dalam melakukan pemasaran dan juga serta pendistribusian sebuah produk atau jasa.

Jika bisnis Anda memiliki seorang canvasser maka hal ini akan lebih memudahkan Anda dalam melakukan distribusi dan pemasaran pada pelanggan yang berada di daerah tertentu.

Oleh karena itu, peran seorang canvasser tentu penting dalam hal meningkatkan penjualan sebuah produk atau jasa. Banyak pebisnis yang memberikan berbagai fasilitas dan kenyaman untuk seorang canvasser karena mengetahui bahwa peran seorang canvasser cukup besar untuk perkembangan bisnis yang sedang dirintis.

Alasan Kenapa Anda Harus Melakukan Metode Canvassing

Freepik

Beberapa alasan yang harus Anda ketahui mengenai penggunaan metode canvassing, diantaranya:

1. Pemerataan Distribusi Produk

Metode canvassing berguna untuk meratakan tingkat distribusi sebuah produk. Dengan membentuk tim  canvasser, nantinya pendistribusian akan  tersebar di berbagai area secara merata sesuai dengan perencanaan yang sudah disepakati. Jika hal ini terjadi, maka produk akan lebih mudah diperoleh konsumen dan besar kemungkinan dapat meningkatkan penjualan produk Anda. 

2. Feedback Market yang Lebih Akurat

Tugas dari seorang canvasser salah satunya adalah melakukan pendataan di suatu wilayah yang dikunjunginya. Data ini beragam macamnya, dan berkaitan dengan konsumen. Konsumen juga bisa memberikan saran dan kritik untuk produk yang digunakannya.

Berdasarkan data itulah canvasser akan memberikan laporan kepada pihak produsen sehingga hasil yang didapat lebih akurat karena bersumber langsung dari konsumen.

3. Berkemungkinan Mendatangkan Prospek yang Lebih Besar

Karena metode canvassing merupakan salah satu strategi pemasaran yang dilakukan dengan berkomunikasi secara langsung, maka Anda dapat mengarahkan konsumen secara leluasa. Hal ini tentunya dapat menguntungkan karena Anda dapat mendatangkan prospek yang lebih besar seperti meyakinkan konsumen untuk melakukan pembelian dan menggunakan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Baca Juga: Tahukah Anda Apa Itu Business Management?

Tujuan Penggunaan Metode Canvassing

Penggunaan metode Canvassing dapat membantu Anda untuk mendistribusikan produk atau jasa Anda secara merata. Canvasser akan membuat pemerataan sesuai dengan rencana yang telah dibuat sehingga dapat memaksimalkan pendistribusian pada produk atau jasa Anda.

Selain itu, canvasser dapat mempercepat produk yang Anda miliki untuk dapat bersaing di pasaran. Proses ini terjadi secara langsung sehingga waktu yang diperlukan tidak terlalu panjang. Hal ini membuat waktu tidak terbuang dengan sia-sia. 

Canvasser juga dapat menentukan tujuan pembeli sesuai kebutuhan. Hal ini tentunya akan menguntungkan bisnis Anda karena jika Anda memiliki komunikasi yang baik dengan pelanggan baru maupun calon pelanggan, tentu Anda dapat membentuk pasar potensial untuk bisnis Anda.

Dengan menggunakan metode canvassing tentu management waktu Anda akan lebih tertata dan pemerataan pada produk serta daya saing produk akan lebih cepat.

Manfaat Metode Canvassing

Freepik

Adapun beberapa manfaat yang diperoleh jika bisnis Anda menggunakan metode canvassing, yaitu:

1. Sebagai Branding

Canvasser dapat melakukan pemasangan pos material seperti banner, hanging mobile, dan material lainnya yang dapat digunakan sebagai sarana untuk membangun brand awareness. Branding yang baik tentu akan membuat citra produk tersebut juga baik.

Oleh karena itu penting untuk membangun brand awareness agar pelanggan terus mengetahui produk dan dapat memperkenalkannya ke khalayak ramai. Jika hal ini terjadi, maka berkemungkinan calon pelanggan baru akan berdatangan.

2. Kolektif Data Kompetitor

Dengan menggunakan metode canvassing, seorang canvasser menjadi lebih sering bersentuhan langsung dengan saluran distribusi akhir. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan berbagai data tentang kompetitor, seperti aktivitas pembelian, tempo pembayaran, penetrasi produk, dan hal-hal lainnya. Data ini dapat dijadikan pembanding dengan perencanaan produk Anda.

3. Promosi Penjualan yang Dibuat Jelas

Manfaat lainnya dari metode canvassing yaitu promosi penjualan yang dibuat jelas. Hal ini karena biasanya seorang canvasser mengidentifikasi target pasar dan menguraikan tujuan, setelah itu barulah membuat promosi penjualan.

Promosi penjualan tersebut tentu harus  jelas karena akan digunakan untuk menunjukkan kepada calon pelanggan terkait produk atau layanan yang Anda miliki. Canvasser dapat menentukan penawaran yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Dapat disimpulkan bahwa metode canvassing bisa Anda coba jika ingin mempromosikan produk Anda dengan cepat. Canvassing meliputi kegiatan terencana yang seseorang lakukan melalui proses penawaran, pendistribusian, serta upaya untuk meningkatkan penjualan pada produk atau jasa yang Anda miliki.

Melalui metode canvassing, Anda dapat lebih mengetahui tentang target audiens Anda, dapat mengembangkan keterampilan komunikasi serta meningkatkan penjualan produk.

Akan tetapi ada hal-hal yang harus Anda pertimbangkan juga ketika menggunakan metode canvassing yaitu biaya operasional yang cukup tinggi, dan tingkat keberhasilan yang cukup rendah.

Meskipun memiliki banyak data pelanggan potensial yang dapat dihubungi, namun tingkat keberhasilan untuk bisa mencapai kesepakatan pembelian cukup rendah. Hal ini tentunya harus Anda rencanakan dengan matang agar tidak banyak kerugian yang nantinya Anda rasakan. 

Tentukanlah pilihan yang paling tepat untuk perkembangan bisnis Anda. Cari tahu terlebih dahulu kelebihan serta kekurangan yang mungkin dapat terjadi jika Anda memilih mengambil suatu metode atau strategi marketing.

Pelajari lebih dahulu sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan metode tersebut. Jika sudah merasa yakin barulah Anda susun rencana dan terapkan metode atau strategi tersebut.

Jadi, apakah Anda tertarik menggunakan metode canvassing sebagai metode pemasaran untuk meningkatkan perkembangan bisnis Anda? Tentukan pilihan Anda dari sekarang ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *