Proses penjualan tidak akan berjalan dengan lancar jika bukan karena dedikasi dari tim atau divisi sales force. Akan tetapi, seperti yang diketahui bahwa posisi sales force biasanya dianggap rendah oleh sebagian orang.
Sales Force adalah sebuah tim, divisi atau pegawai dalam sebuah perusahaan yang memiliki tanggung jawab dan tugas atas proses penjualan produk maupun layanan untuk mendorong pertumbuhan perusahan. Dapat dikatakan juga sebagai tenaga penjualan, di mana tugas utama posisi ini yaitu mengatur strategi penjualan.
Selain itu, sales force juga bertugas dalam mengelola teknologi yang mana berfungsi untuk dapat meningkatkan penjualan terhadap produk maupun layanan yang perusahaan miliki. Dan sekarang ini untuk dapat membantu tim sales dalam mencapai semua tugas itu, maka terdapat sebuah software berbasis CRM yang bisa digunakan oleh tim sales.
Hal ini dapat memudahkan sales force dalam meningkatkan penjualan produk maupun layanan milik perusahaan. Jika menggunakan CRM untuk mempermudah tugas sales force maka harus sesuai dengan budget dan kebutuhan tim sales.
Agar kedepannya tidak membebankan tim keuangan perusahaan. Oleh sebab itu, posisi ini dianggap penting dalam tim marketing sebuah perusahaan terutama untuk meningkatkan penjualan.
Cari Tau Yuk: Penerapan Machine Learning di Masa Sekarang
Apa Fungsi dan Tugas dari Sales Force
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa sales force memiliki beberapa fungsi penting bagi sebuah perusahaan. Maka dari itu sebelum mengetahui bagaimana untuk menjadi seorang sales force, Anda perlu mengetahui apa saja fungsi dari sales force, berikut ini diantaranya.
1. Meningkatkan Brand Awareness
Fungsi dari sales force tentu saja untuk dapat meningkatkan brand awareness. Di mana pengguna yang kemungkinan adalah pelanggan baru Anda membutuhkan penjelasan dalam menggunakan maupun mempelajari bisnis yang Anda tawarkan itu. Seperti yang diketahui, salah satu media yang efektif untuk melakukan sebuah pemasaran yaitu melalui media sosial dan website.
Fungsi yang satu ini menjadi mudah berkat adanya bantuan dari teknologi pendukung seperti CRM. Dan dengan adanya sebuah dukungan informasi yang relevan serta kredibel, maka Anda dapat lebih mudah terhubung dengan calon pelanggan yang berpotensial.
2. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan
Selanjutnya, berfungsi untuk dapat meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap produk maupun layanan bisnis yang Anda miliki. Hal ini karena kinerja sales yang produktif tentunya dapat membangun hubungan antara pelanggan yang potensial dengan bisnis Anda.
Dan channel atau saluran yang dapat digunakan yaitu melalui media promosi, komunikasi yang terjalin dengan baik dan bagus, hingga penambahan diskon yang menarik pada setiap layanan maupun produk yang perusahaan Anda tawarkan.
3. Meningkatkan Pendapatan Bisnis
Fungsi lainnya dari sales force adalah untuk dapat meningkatkan pendapatan bisnis. Dengan fungsi sales force yang membangun kepercayaan pelanggan terhadap produk maupun layanan, maka secara tidak langsung sales juga berperan dalam meningkatkan pendapatan.
Dengan menggunakan keahlian dari sales force pula menjadi salah satu cara paling efektif, di mana Anda akan mendapatkan dukungan dari software CRM. Oleh karena itu, agar tidak sia-sia dalam menggunakannya, Anda perlu memperhatikan setiap proses penggunaannya. Di mana hal itu juga penting untuk dapat meningkatkan pendapatan bisnis yang Anda miliki.
4. Menciptakan Layanan Pelanggan
Menciptakan layanan terhadap pelanggan merupakan salah satu dari fungsi sales force. Dimana melakukan pelayanan dengan memenuhi semua permintaan pelanggan akan membantu Anda dalam menjalin hubungan sesama pelanggan.
Dari hubungan yang harmonis itulah fungsi sales force sebagai penyedia layananan pelanggan tercipta dengan benar. Pelayanan yang baik dapat menciptakan kepuasan dan dapat menumbuhkan pendapatan secara maksimal kedepannya. Maka dari itu, pastikan juga untuk memiliki tim yang expert agar dapat menangani tugas dan fungsi sesuai dengan keahlian di bidang sales.
5. Sebagai Sales Support
Sebagai sales Anda dituntut pula untuk menjadi sales support. Dengan kata lain, sales support menjadi salah satu fungsi sales force. Di mana mereka bertugas di balik layar dan juga menangani banyak masalah yang dialami oleh pelanggan dari bisnis yang Anda miliki.
Selain itu, sales support juga harus membantu tim sales dalam melakukan closed selling. Hal ini agar lebih cepat dan mudah terselesaikan selama proses penjualan. Pada umumnya, sales support ini meliputi pemeriksaan profil pelanggan maupun calon pelanggan, menganalisis data prospek, dan melakukan customer research.
Baca Juga: Mengenal Apa itu Application Programing Interface (API) dan Kegunaannya
Elemen Penting Agar Menjadi Sales Force yang Sukses
Mungkin pada dasarnya berada di posisi sales memiliki tekanan yang berat selama bekerja. Pasalnya, sales bekerja dengan target yang ketat, selain itu mereka juga pasti akan menghadapi berbagai penolakan nantinya. Dan berada di posisi ini sudah pasti harus menangani berbagai macam pelanggan yang memiliki karakter berbeda-beda.
Akan tetapi, hal itu dapat Anda atasi dengan berbagai cara untuk membantu meringankan beban kerja tim sales ataupun penjualan. Dan untuk menjadi sales force yang baik dan sukses, Anda perlu mengetahui beberapa elemen penting yang perlu diperhatikan. Berikut ini tiga elemen penting yang mampu membantu Anda menjadi sales force yang sukses.
1. Memiliki Kemampuan Terbaik
Untuk dapat menciptakan sales force yang sukses tentu saja Anda harus memiliki kemampuan terbaik yang Anda miliki sebagai tim penjualan. Salah satunya seperti kemampuan dalam berkomunikasi, yang mana ini menjadi kemampuan yang paling penting untuk dimiliki seorang sales force.
Dengan komunikasi yang baik tersebut dapat memberikan pengaruh maupun penilaian terhadap produk dan layanan yang Anda tawarkan. Selain itu, seorang sales mampu melakukan sebuah analisis terhadap targetnya sendiri dan berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai target tersebut. Hal ini tentunya bagian dari strategi mendorong bisnis perusahaan.
2. Memanfaatkan Teknologi yang Ada
Elemen selanjutnya yang perlu Anda ingat jika ingin menjadi sales force yang sukses adalah dengan memanfaat teknologi yang ada semaksimal mungkin. Pasalnya, di era perkembangan digital sekarang ini hampir setiap aspek dalam bisnis menggunakan teknologi untuk membantu produktivitas mereka.
Serta perusahaan yang memanfaatkan teknologi dengan tepat dapat mempermudah dan menyederhanakan tugas fungsional tim sales atau penjualan.
Salah satu teknologi yang dapat Anda manfaatkan yakni aplikasi sales monitoring. Di mana kinerja sales di lapangan akan dipantau oleh supervisor melalui aplikasi tersebut. Hal ini agar nantinya data yang diperoleh dapat dijadikan referensi untuk mengetahui siapa sales terbaik yang perusahaan miliki.
3. Mampu Mengintegrasikan Unit Kerja
Terakhir, elemen penting yang mampu membuat Anda sukses menjadi sales force adalah integrasi unit kerja yang sesuai dengan tujuan perusahaan. Seperti yang diketahui bahwa sales force menjadi bagian yang paling penting dalam sebuah perusahaan, terlebih bagi mereka yang bergerak di bidang distribusi.
Akan tetapi, setiap bagian dalam perusahaan juga sama pentingnya. Pasalnya setiap bagian perusahaan harus saling berkoordinasi dan bekerjasama satu sama lainnya. Karena bila perusahaan hanya mengandalkan satu bagian atau posisi saja dalam melakukan koordinasi secara manual akan membutuhkan waktu yang lama. Sehingga hal itu menjadi kurang efektif dan kurang kuatnya pondasi perusahaan.