Semakin berkembang teknologi, pasti akan muncul berbagai cara baru untuk mempromosikan suatu produk. Salah satunya melalui Digital Activation. Hal ini berguna untuk Anda pelaku bisnis yang sedang mengembangkan suatu produk. Lalu apa sajakah manfaat dari Digital Activation?
Apa itu Digital Activation?
Digital Activation adalah bentuk dari kegiatan promosi brand dengan pelanggan melalui interaksi dengan berbagai kegiatan yang diadakan oleh suatu brand untuk menarik perhatian pelanggan. Tentu saja cara yang dipakai melalui digital agar menarik perhatian pelanggan. Tujuannya untuk meningkatkan brand awareness dan meningkatkan minat pelanggan.
Sebelum melakukan digital activation sebaiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu. Hasil dari riset dapat dijadikan target pasar Anda. Hal ini memudahkan Anda untuk menentukan langkah digital activation yang nantinya akan cocok untuk Anda lakukan.
Digital Activation merupakan kegiatan yang dapat dilakukan secara online maupun offline. Jika secara online maka dilakukan melalui aktivitas lewat media sosial, sedangkan jika secara offline tidak dilakukan lewat interaksi langsung ke pelanggan.
Untuk membuat strategi digital activation berhasil, diperlukan hubungan emosional yang kuat dengan pelanggan. Hal ini dapat menentukan keberhasilan dan kualitas interaksi yang tercipta.
Cari Tau Yuk: Komponen, Faktor, dan Peran Media Planning dalam Memaksimalkan Penggunaan Media Anda
Tipe-tipe Digital Activation:
Berikut ini beberapa tipe Digital Activation, diantaranya:
1. Digital Marketing Activation
Direct Marketing Activation merupakan tipe digital activation yang dimana brand langsung bersentuhan dengan konsumen. Contohnya seperti activation melalui media cetak, sampling, aktivasi yang dilakukan langsung di store, dan lain sebagainya.
2. Social Media Activation
Social Media Activation merupakan jenis activation di mana brand bersentuhan dengan pelanggan melalui kegiatan yang dilakukan di sosial media. Contohnya seperti aktivitas yang dilakukan di Instagram, Facebook, Twitter, dan platform lainnya.
3. Promotions Activation
Promotions Activation merupakan bentuk yang melibatkan promo-promo yang berkaitan dengan produk Anda. Contohnya seperti potongan harga, undian berhadiah, launching produk baru, dan sebagainya.
4. Marketing Event Activation
Marketing Event Activation merupakan jenis activation yang dilakukan dengan membuat event tertentu. Contohnya seperti pameran, arena games, dan lain sebagainya.
5. Sponsorship Activation
Sponsorship Activation merupakan jenis activation di mana brand yang menanggung dana suatu kegiatan. Contohnya seperti mendanai kegiatan olahraga.
Bentuk-bentuk digital activation ini dapat dikombinasikan. Hal tersebut dapat digabungkan sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik dari target konsumen Anda.
Strategi Digital Activation

Beberapa strategi yang wajib Anda ingat dalam membuat langkah digital activation, yaitu adanya target komunikasi. Rencanakan terlebih dahulu target komunikasi yang ingin Anda pilih, sesuaikanlah dengan brand yang Anda miliki. Sebaiknya Anda lakukan riset terlebih dahulu agar Anda memperoleh target pasar. Jika hal ini sudah Anda lakukan, kedepannya langkah Anda akan lebih mudah.
Tentukan seberapa banyak komunikasi dengan audiens yang harus diciptakan. Anda harus membuat hubungan yang baik dengan konsumen Anda, tingkatkan komunikasi yang terjalin antara Anda dengan konsumen. Sehingga konsumen merasa memiliki kedekatan dengan Anda. Hal ini akan membuat konsumen lebih nyaman menggunakan produk Anda.
Selain itu, tentukan banyak produk yang akan dikeluarkan, tentukan juga target penjualan, dan Anda dapat menentukan seberapa besar activation ini mempengaruhi persepsi konsumen Anda.
Jika Anda baru memulai perjalanan bisnis Anda, hal ini merupakan salah satu langkah penting yang harus Anda perhatikan dengan baik. Lakukanlah dengan teliti dan terencana agar hasil yang akan Anda dapatkan juga maksimal.
Baca Juga: Ketahui, Pengertian Culture Branding Beserta Manfaatnya!
Keunggulan Menggunakan Digital Activation
-
Hasil Lebih Cepat
Digital Activation telah mengandalkan jaringan internet. Artinya, tahapan dan proses yang dilakukan akan memiliki kesempatan yang lebih cepat. Proses tersebut akan sampai pada konsumen dan dapat meningkatkan brand awareness. Ketika konsumen sudah mengetahui tentang brand Anda, maka keuntungan akan Anda dapatkan.
-
Persiapan Cepat
Era digital memberikan akses yang lebih cepat untuk memperkenalkan sebuah brand kepada pelanggan. Metode yang digunakan beragam, mulai dari promosi hingga diskon. Semua itu dapat dilakukan untuk menarik minat dari konsumen terhadap produk yang Anda miliki.
-
Campaign Berkelanjutan
Digital Activation memberikan kesempatan bagi setiap orang untuk melakukan riset tersendiri. Ada banyak bentuk activation yang bisa digunakan. Tetapi, tidak semua bentuk aktivasi dapat berjalan sesuai harapan Anda. Ada beberapa langkah aktivasi yang menunjukkan hasil memuaskan dan ada pula beberapa lagi tidak. Hal ini dapat dijadikan sebagai pengetahuan untuk membuat campaign yang berkelanjutan.
-
Adanya Feedback
Feedback sangat penting untuk menjaga eksistensi suatu brand. Biasanya, feedback ini akan berupa saran, masukan, dan kritik. Feedback ini memudahkan Anda untuk mengevaluasi produk Anda.
Manfaat Digital Activation
Ada beberapa manfaat yang didapat dari Digital Activation, diantaranya sebagai berikut:
1. Memperoleh Data Pelanggan
Anda dapat meminta data pelanggan ketika pelanggan mengikuti kegiatan yang berkaitan dengan digital activation untuk produk Anda. Anda dapat meminta data pelanggan ketika mengunjungi booth Anda saat mengadakan pameran. Tujuannya adalah agar Anda dapat mengetahui karakteristik pelanggan di masa depan.
2. Mendapat Feedback
Digital activation adalah sesuatu yang dilakukan secara dua arah antara brand dengan pelanggan. Oleh karena itu, Anda dapat meminta dan mendapatkan feedback dari pelanggan terkait produk yang Anda tawarkan.
3. Memperkuat Posisi Brand Anda
Digital activation berguna untuk meningkatkan brand awareness, brand switching, dan brand loyalty. Dengan meningkatnya hal-hal tersebut, maka posisi Anda di pasar otomatis akan lebiih kuat.
4. Menjangkau Pelanggan Baru
Digital activation dapat meraih pelanggan yang baru. Biasanya pelanggan yang sudah mengerti dan memahami produk Anda memiliki pengalaman tersendiri terhadap produk. Hal ini membuat pelanggan merekomendasikan produk Anda ke orang lain berdasarkan pengalamannya. Hal ini tidak menutup kemungkinan akan ada pelanggan baru yang tertarik terhadap produk Anda.
Dapat ditarik kesimpulan bahwa, semakin berkembang teknologi, pasti akan muncul berbagai cara baru untuk mempromosikan suatu produk. Salah satunya melalui Digital Activation.
Pengertian dari Digital Activation adalah bentuk dari kegiatan promosi brand dengan pelanggan melalui interaksi dengan berbagai kegiatan yang diadakan oleh suatu brand untuk menarik perhatian pelanggan. Tujuannya untuk meningkatkan brand awareness dan meningkatkan minat pelanggan.
Adapun tipe-tipe dari Digital Activation, yaitu Digital Marketing Activation, Social Media Activation, Promotions Activation, Marketing Event Activation, dan Sponsorship Activation. Dengan menggunakan Digital Activation Anda juga dapat memperoleh keunggulan-keunggulan yang dapat meningkatkan bisnis Anda, diantaranya persiapan dan hasil yang diperoleh lebih cepat, dan Anda juga bisa melakukan Campaign yang berkelanjutan.
Dalam membangun digital activation untuk bisnis Anda, tidak dapat Anda lakukan secara sembarangan. Anda harus melakukan riset terlebih dahulu untuk menentukan target pasar sebelum melakukan digital activation agar tepat sasaran.
Oleh karena itu, jika Anda tidak memiliki keahlian tersebut, Anda dapat menyerahkannya kepada marketing agency agar pengelolaan bisnis Anda menjadi lebih terarah dan Anda bisa fokus terhadap tujuan yang ingin dicapai.