Tahukah Anda apa itu landing page? Mungkin bagi seseorang yang menekuni hal ini terutama di bidang digital marketing mengetahui apa itu landing page. Landing page merupakan bagian terpenting dalam kegiatan digital marketing, apalagi bagi mereka yang mengandalkan pemasaran secara digital.

Dalam menjalankan strategi digital marketing untuk bisnis, landing page bisa menjadi salah satu strategi terbaik yang bisa Anda gunakan. Sama halnya seperti website yang dimanfaatkan untuk pemasaran sebuah produk atau layanan bagi perusahaan-perusahan yang ingin mencapai tujuan pemasaran dan bisnis mereka.

Karena adanya keberadaan landing page itu dapat memungkinkan pengunjung untuk mengklik tautan yang didapat dari surel, iklan di Google, atau dari berbagai media sosial. Landing page memiliki tujuan untuk mengumpulkan informasi dari kontak dengan beberapa kode penawaran dari target audiens.

Pada dasarnya landing page dirancang untuk mengubah pengunjung suatu situs atau media digital agar menjadi prospek bisnis atau calon konsumen. Strategi pemasaran dengan landing page memang menarik untuk digunakan, namun Anda tidak dapat menggunakannya secara sembarangan.

Oleh karena itu, sebelum Anda ingin memanfaatkan strategi pemasaran dengan landing page untuk keberhasilan bisnis Anda, lebih baik pahami terlebih dulu. Dimulai dari apa yang dimaksud dengan landing page itu, dan apa saja manfaat yang diberikan dari landing page untuk bisnis Anda.

Cari Tau Yuk: Apa itu Hashtag? Yuk Simak, Fungsi dan Tips Menggunakannya

Apa Yang Dimaksud Dengan Landing Page?

Freepik

Yang dimaksud dengan landing page adalah sebuah halaman situs yang dibuat khusus untuk suatu marketing campaign atau pemasaran yang berbasis web. Atau sebuah halaman dari website yang didesain khusus dengan sudut pandang marketing.

Halaman tersebut yang akan ditampilkan kepada pengunjung ketika mereka  melakukan pencarian terhadap suatu produk atau layanan yang berhubungan dengan bisnis yang Anda miliki. Namun, pada dasarnya landing page itu berbeda dengan website, yang mana didalamnya berisi berbagai menu yang ditawarkan.

Landing page dibuat secara terpisah dari halaman utama website, agar mendorong pengunjung untuk tertarik mengeksplor situs bisnis Anda. Beberapa landing page memang dibuat untuk mendorong pengunjung agar tertarik mengambil tindakan seperti bergabung, mendaftarkan diri, atau membeli sebuah produk.

Secara umum landing page terbagi menjadi dua jenis, yakni lead generation landing pages dan click through landing pages. Lead generation landing pages memiliki fungsi mengumpulkan data calon pelanggan, biasanya data dalam bentuk nama dan alamat email.

Sedangkan, click through landing pages memiliki fungsi untuk menggiring pengunjung agar segera melakukan pembelian di website. Halaman yang ditampilkan biasanya hanya memuat satu tombol sederhana. Misalnya seperti tombol “beli sekarang”, “buy now” atau juga “pilih sekarang” dan sebagainya.

5 Manfaat Landing Page pada Aktivitas Pemasaran Digital

Freepik

Tujuan lain dari adanya landing page adalah untuk mempercepat proses transaksi, yang mana juga untuk menghindari pengunjung dari melihat terlalu banyak menu yang lain di website. Oleh dari itu, melalui landing page pengunjung dapat mengenali dengan cepat dan lebih cepat memutuskan untuk membeli produk Anda atau tidak.

Landing page sendiri memiliki banyak manfaat bagi aktivitas pemasaran digital untuk bisnis yang Anda miliki. Bahkan strategi pemasaran menggunakan landing page dianggap cukup efektif dalam mencapai tujuan dari pemasaran. Dikatakan bahwa landing page diibaratkan sebagai brosur online yang mampu menjelaskan produk secara detail.

Selain itu, masih banyak manfaat lainnya dari penggunaan landing page untuk keberhasilan pemasaran dari bisnis Anda. Berikut ini, 5 manfaat landing page pada aktivitas pemasaran digital yang bisa Anda rasakan ketika menggunakannya. 

1. Membantu Mencapai Goals

Manfaat pertama yang akan Anda dapatkan dari penggunaan landing page adalah dapat membantu mencapai goals bagi bisnis Anda. Dengan landing page Anda dapat membuat konten penawaran yang lebih informatif dan edukatif, sehingga membuat calon konsumen tertarik untuk membeli produk Anda.

Landing page sebagai sarana untuk melakukan promosi terbukti sangat bagus dilakukan. Strategi soft selling ini dapat dilakukan dengan cara terlebih dahulu mengumpulkan database calon pelanggan seperti nama dan alamat email, yang kemudian di follow up dengan mengirimkan mereka sebuah pesan yang dapat menarik perhatian.

Baca Juga: Bagaimana Peran Dari Brand Ambassador dan Manfaatnya Bagi Bisnis Anda

2. Membantu Meningkatkan Lead Conversion

Selanjutnya, landing page dapat membantu bisnis Anda dalam meningkatkan lead conversion. Dengan cara menggunakan tombol klik “Call to Action” yang diletakkan di sisi halaman landing page tersebut yang dianggap strategis. Biasanya berada di awal atau akhir halaman landing page.

Dilihat dari jumlah pengunjung yang tertarik melakukan klik tombol tautan tersebut, kemudian mendorongnya untuk mengisi database. Lalu tim sales akan melakukan follow up terhadap calon pelanggan tersebut hingga menghasilkan penjualan. Semakin banyak jumlah lead yang didapatkan, maka semakin besar pengaruhnya terhadap penjualan Anda.

3. Membantu Meningkatkan List Email

Landing page juga memiliki manfaat dalam membantu meningkatkan list email bagi bisnis yang Anda miliki. Dengan landing page Anda bisa mengumpulkan data pengunjung, sehingga list email untuk Anda meningkat. Bahkan akan ada email yang mungkin menjadi pelanggan setia bagi brand Anda.

Dari aktivitas email marketing ini pula lah yang nantinya bisa Anda manfaatkan untuk tetap terhubung dengan pelanggan dan calon konsumen secara lebih personal, dimana Anda dapat secara rutin mengirimkan email kepada mereka. Sudah banyak brand dan bisnis besar yang menggunakan strategi email marketing ini.

4. Meningkatkan Kredibilitas dan Brand Awareness

Dan manfaat lainnya yang bisa dirasakan dari penggunaan landing page adalah dapat meningkatkan kredibilitas dan brand awareness. Dengan landing page Anda juga dapat membuat sosial proof atau testimoni dari pembeli. Yang mana keberadaan sosial proof ini akan membantu meningkatkan kredibilitas bisnis Anda.

Dari hal itu pula juga dapat membantu meningkatkan brand awareness atas bisnis Anda, terlebih jika produk yang dijual memang berkualitas. Yang pada nantinya akan meningkatkan jumlah pengunjung landing page, dan masyarakat akan semakin familiar dengan bisnis Anda. Bahkan berpotensi mendatangkan calon pelanggan baru.

5. Meningkatkan Efektifitas dan Efisiensi Pemasaran

Manfaat terakhir dari penggunaan landing page adalah dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi untuk pemasaran bagi bisnis Anda. Dengan menggunakan iklan berbayar seperti Facebook Ads atau Google Ads, Anda bisa langsung mendapatkan traffic yang menuju landing page.

Sebelum itu Anda harus mengalokasikan budget untuk memasang iklan berbayar tersebut. Namun, jika landing page yang Anda buat berkualitas dan profesional akan membantu Anda mengontrol budget iklan itu. Dengan demikian, biaya yang Anda keluarkan akan lebih tepat sasaran, efektif dan juga efisien.

Demikian penjelasan Convey mengenai landing page untuk bisa Anda pahami lebih dalam lagi. Seperti yang telah dibahas di atas bahwa manfaat landing page dalam bisnis sangat bagus terutama untuk strategi pemasaran. Maka dari itu diharapkan setelah membaca artikel ini Anda bisa semakin yakin untuk menggunakan landing page sebagai pemasaran bagi bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *