Apakah Anda tahu apa itu Call to Action (CTA)? CTA sendiri menjadi salah satu bagian terpenting dalam sebuah website. Sehingga yang dimaksud dengan Call to Action (CTA) merupakan salah satu strategi yang dibuat seperti gambar, baris teks, atau tombol yang bermakna untuk mendorong pengunjung untuk mengambil suatu tindakan. 

Tindakan yang dimaksud tersebut seperti membeli barang, mengklaim voucher, mendaftarkan diri di situs, berlangganan newsletter, membagikan konten, atau mengikuti kuis dan lain sebagainya. Biasanya CTA akan mengarahkan melalui link untuk para target audiens nya melakukan tindakan tersebut.

Agar target audiens Anda dapat mengklik link tersebut, maka dari itu penempatan link yang ada di dalam situs website juga harus tepat dan jelas. Gunakan gambar atau warna yang menarik perhatian target audiens Anda, jangan sampai tulisan itu tidak terlihat dengan jelas.

Strategi CTA (call to action) sangatlah perlu digunakan apabila Anda ingin mencapai tujuan bisnis yang dibangun. Adanya cara tersebut dapat membantu Anda dalam meningkatkan keberhasilan pemasaran digital atas produk atau layanan bisnis. Selain itu, CTA mampu meningkatkan konversi yang sangat bagus untuk engagement dan brand awareness.

Cari Tau Yuk: Teknologi Artificial Intelligence Dalam Dunia Bisnis dan Penerapannya

Fungsi-fungsi CTA (Call to Action)

Freepik

Dengan memanfaatkan penggunaan CTA (call to action) pada situs bisnis Anda akan memberikan dampak yang positif. Karena fungsi dari CTA itu sendiri yang bisa membuat Anda secara langsung maupun tidak langsung meningkatkan bisnis Anda.

Namun, apa Anda mengetahui apa saja fungsi dari CTA itu sendiri? Memang pada dasarnya CTA digunakan untuk mengarahkan target audiens agar mengambil suatu tindakan yakni untuk penjualan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa CTA mampu membantu mencapai tujuan bisnis Anda. 

Hal ini tentunya untuk meningkatkan penjualan, serta membangun engagement dan awareness atas bisnis yang Anda pegang. Tindakan yang dilakukan tersebut pun berbagai macam halnya, tetapi tetap tujuannya adalah untuk penjualan. Namun, masih ada fungsi tersirat yang bisa dirasakan jika menggunakan CTA dalam situs website bisnis Anda. Berikut ini fungsi lainnya dari CTA (call to action) bagi digital marketing.

1. Meningkatkan Lead

CTA atau Call to Action memiliki fungsi untuk dapat meningkatkan lead, yang bagus bagi peningkatan penjualan produk Anda. Dengan Anda menggunakan CTA sebagai strategi pemasaran yang memberikan informasi mengenai produk atau layanan yang dijual, ditambah penawaran menarik lainnya seperti voucher promo atau diskon dan sebagainya yang mendorong perhatian target audiens Anda. 

2. Meningkatkan Konversi

Lalu call to action juga berfungsi untuk dapat meningkatkan konversi pada situs website bisnis Anda. Dengan adanya rasio klik tayang yang target audiens lakukan membuat tingkat peringkat situs Anda semakin baik di halaman SERP. Hal ini juga yang bisa meningkatkan konversi dari yang hanya mengklik tautan, sampai berakhir ke pembelian produk. 

3. Menambah List Email

Dan selanjutnya, CTA berfungsi untuk menambah list email yang Anda kumpulkan, agar bisa melakukan hubungan atau interaksi dengan target audiens. CTA dalam hal ini bertujuan agar menjadikan target audiens menjadi prospek positif. Dimana nanti akan dilakukan pemasaran melalui email atau mengirim pesan melalui list email. Email tersebut didapat dari target audiens yang bersedia mengisi database mereka.

Baca Juga: Yuk! Mengenal Perbedaan Antara Hosting dan Domain Untuk Website

Macam-Macam CTA yang Harus Anda Ketahui

Freepik

Jika ingin memanfaatkan CTA (call to action) pada situs website bisnis milik Anda, sebaiknya pahami terlebih dahulu CTA itu sebelum menggunakannya. Agar Anda tidak salah langkah saat menggunakannya, sehingga mengakibatkan hal yang tidak diinginkan.

Salah satunya Anda perlu mengetahui macam-macam jenis dari CTA yang ada di dunia digital marketing ini. Mungkin untuk Anda yang bukan ahli di bidang digital marketing akan merasa bahwa ini sangat rumit, tetapi tidak bagi mereka yang sudah memiliki banyak pemahaman dan pengalaman di bidang ini.

Oleh karena itu, berikut ini Convey akan memberikan sedikit penjelasan tentang macam-macam jenis dari CTA yang ada. Agar nantinya mengetahui jenis CTA apa yang ingin Anda gunakan ke dalam situs website bisnis Anda.

1. Lead Generation

Lead generation adalah salah satu macam dari CTA (call to action) yang banyak dijumpai dimanapun. Adanya CTA yang krusial ini untuk menciptakan lead generation ke dalam situs website Anda. Lead merupakan istilah dari dunia marketing yang menggambarkan sekelompok orang yang tertarik dengan apa yang ditawarkan bisnis Anda.

Jenis CTA yang ditujukan untuk menarik perhatian target audiens menjadi lead ini Anda harus meletakkannya di tempat yang strategis, sehingga dapat terlihat jelas nantinya. Mereka menunjukan ketertarikannya dengan memasukkan data mereka seperti nama, alamat email, nomor telepon dan sebagainya.

2. Pengisian Formulir

Selanjutnya, ada link yang ditujukan untuk pengisian formulir atau database. Biasanya berisi data nama, alamat email dan lain sebagainya. Jenis ini biasanya digunakan saat masuk ke landing page, pengunjung atau target audiens Anda harus mengisi formulir dan memasukkan data diri mereka.

Penggunaan ini juga menjadi bagian terpenting dalam strategi pemasaran dari adanya CTA untuk menentukan apakah Anda berhasil mendapatkan lead baru atau tidak. Sama seperti jenis CTA lainnya, pastikan Anda meletakan tombol link pengisian formulir tersebut di tempat yang strategis.

3. Tombol “Baca Selengkapnya”

Tombol “baca selengkapnya” juga menjadi salah satu macam jenis dari CTA yang banyak digunakan pada situs website yang berkonsep tulisan atau blog. CTA tidak selalu harus menghasilkan lead yang berakhir mendaftarkan diri atau membeli produk saja, tetapi juga bisa dengan ‘’baca selengkapnya”

Di halaman utama blog pasti tidak semuanya konten maupun artikel ditampilkan secara penuh atau menyeluruh. Maka dari, penggunaan tombol baca selengkapnya menjadi satu-satunya cara untuk mendorong audiens melakukannya. Hal ini agar target audiens bisa mengeksplor situs website dan menaikan traffic di halaman situs website bisnis Anda.

4. Social Sharing

Lalu, ada pula social sharing yang bisa Anda gunakan sebagai program dari CTA untuk pemasaran bagi bisnis Anda. Dengan adanya tombol social sharing, Anda bisa mengetahui bagaimana audiens terlibat dengan bisnis Anda.

Anda dapat menggunakan logo dari media sosial agar audiens bisa langsung memilih ingin membagikan konten tersebut kemana. Tentunya semakin banyak audiens melakukan social sharing, semakin memungkinkan meningkatnya traffic dan konversi situs website Anda.

5. Event Promotion

Macam jenis CTA lainnya adalah event promotion, dimana Anda dapat melakukan promosi kegiatan perusahan atau bisnis. Anda bisa menggunakan CTA promosi untuk meningkatkan kesadaran audiens tentang kegiatan tersebut dan mendorong mereka pada pembelian tiket.

Baik itu acara yang dilakukan secara online maupun acara yang secara langsung menghadiri tempatnya. Anda bisa meletakkan CTA event promotion ini di bagian dashboard, halaman login, atau di sidebar blog. 

Itulah penjelasan tentang apa itu CTA (call to action) pada situs website yang digunakan dalam pemasaran digital. Serta beberapa fungsi dan macam-macam jenis dari CTA yang bisa Anda gunakan pada situs website milik bisnis Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *